Logo TemanPetualang

Blog Tips, Destinasi dan Wisata Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi Konten

Tempat Wisata di Pematangsiantar – Horas, sobat tiket tercinta! Kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata yang ada di Pematangsiantar, Sumatra Utara. Ada yang berencana berlibur ke sana? Atau malah sedang berada di daerah kota ini?

Cocok banget kalau anda pantengin dan baca sampai habis artikel kali ini deh. Rencana liburan seru di Pematangsiantar akan tiket.com rangkum dengan lengkap lho. Liburan alam hingga budaya bisa banget anda lakuin bareng keluarga atau sahabat. Kuy simak baik-baik ya.

Tempat Wisata di Pematangsiantar yang Wajib Dikunjungi

Penasaran ya, di mana aja sih tempat wisata menarik yang ada di Pematangsiantar? Tenang, anda bisa cek daftarnya di bawah ini, dan masukin langsung ke itinerary liburanmu yang berikutnya!

Berikut ini ada beberapa list tempat hits dan terbaik yang ada di Kota Pematangsiantar dan sekitarnya. Mau tau lebih detail? Kuy, duduk manis dan baca artikel ini sampai akhir.

1. Kebun Teh Sidamanik

Untuk membuka deretan list tempat wisata ngehits di Pematangsiantar, kita mulai dari yang ijo-ijo dulu ya biar tambah semangat. Kebun Teh Sidamanik akan cocok jadi destinasi wisata pertama yang anda tuju deh.

Siapa sih yang nggak suka dengan hamparan hijau kebun teh yang asri dan sejuk ini. Hanya merogoh kocek 5000 perak, anda udah bisa menikmati keindahan alam di daerah Sidamanik lho. 

Cukup membutuhkan waktu 40 menit untuk sampai ke kebun teh ini dari pusat Kota Siantar dan anda akan dibuat happy. Serunya, anda bisa berfoto dengan menyewa peralatan seperti petani teh yang sedang memetik daun teh terbaik.

Pucuk, pucuk, pucuk! Begitu kata iklan kalau memetik daun teh terbaik hehehe. Yaps bener banget, ada cara khusus untuk memilih daun teh tanpa merusak pohon dan batangnya. Untuk informasi lebih jauh, anda bisa mendaftar ke PTPN IV yang ada di sana untuk ikut wisata edukasi di kebun teh. Seru kan!

Harga: tiket masuk Rp5.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-18.00 WIB

Alamat: Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21171 (Cek di Google Maps)

2. Pemandian Alam Aek Sidamanik

Masih sekitaran perkebunan teh di daerah Sidamanik, anda juga bisa berenang di pemandian alamnya lho. Kata Bah atau Aek ini dalam bahasa Batak diartikan sebagai Air. 

Mitosnya, Pemandian Aek Sidamanik ini dahulunya merupakan tempat pemandian Raja Sidamanik beserta keluarganya. Wah jadi penasaran ya, gimana rasanya jadi keturunan darah biru dengan berenang di pemandian alam ini. Hehehe.

Hanya berjarak sekitar 30 menit dari Kebun Teh Sidamanik, anda akan dibuat terpana dengan keindahan pemandian alam satu ini. Airnya begitu jernih hingga dasar pemandian terlihat jelas. Pasir putih dan bebatuan yang ada di dalamnya juga menambah kesan asri pemandian ini.

Hm, bakalan tenang dan nyaman deh berenang di sini sambil menikmati rindangnya pepohonan hijau di sekitarnya. Bahkan, tak jarang anda akan menemukan beberapa monyet bergelantungan. Pantas saja, sebab daerah pemandian ini berada di kawasan Desa Hutan Lama Sidamanik.

Harga: tiket masuk Rp5.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 06.00-20.00 WIB

Baca Juga Info :   Syarat Naik Kereta Api ke Luar Kota Terbaru 2021, Cek di Sini

Alamat: Ambarisan, Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21161 (Cek di Google Maps)

3. Air Terjun Bah Biak

Kalau anda masih merasa kurang, daerah sekitaran Sidamanik ini juga menyuguhkan keindahan alam lainnya yaitu Air Terjun Bah Biak. Jaraknya bahkan hanya 1 kilometer dari kebun teh lho. Dekat banget kan, harus kuy dong.

Untuk mencapainya, anda hanya bisa menggunakan dua cara yaitu berjalan kaki atau menaiki motor saja. Melewati bukit dan tidak adanya jalan aspal memang menyulitkan ketika mengendarai kendaraan roda empat. Tapi, rasa lelah akan terbayar deh dengan keindahannya.

Pemandangan yang indah akan langsung bisa anda nikmati tanpa iklan hehehe. Air terjunnya begitu bersih dan view perkebunan teh yang masih bisa dilihat akan menambah sempurna tempat wisata ini. 

Jangan lupa bawa pakaian lebih ya kalau berkunjung. Pasalnya jarang yang bisa menolak untuk bermain basah-basahan kalau sudah sampai di air terjun ini. Seger bangettt!

Harga: tiket masuk Rp2.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21171 (Cek di Google Maps)

4. Patung Dewi Kwan Im

Setelah puas bermain dan liburan di daerah Sidamanik, anda bisa kembali ke penginapan sambil melipir sebentar ke Vihara Avalokitesvara yang ada di Kota Pematangsiantar. Mari kita wisata religi di tempat ibadah ini.

Para wisatawan banyak yang datang ke vihara ini untuk melihat indah dan anggunnya Patung Dewi Kwan Im yang berukuran besar lho. Tingginya sekitar 22 meter dengan material yang langsung diimpor dari Tiongkok.

Bahkan, di tahun 2008 patung ini dinobatkan menjadi Patung Dewi Kwan Im yang tertinggi di Asia Tenggara oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Selain menikmati megahnya Patung Dewi Kwan Im, anda juga bisa melihat deretan 12 patung shio juga.

Harga: tiket masuk Rp10.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 07.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Gn. Pusuk Buhit, Kebun Sayur, Kec. Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara 21131 (Cek di Google Maps)

5. Aek Nauli

Destinasi selanjutnya yang bisa anda kunjungi di Pematangsiantar adalah Aek Nauli. Ini adalah kawasan konservasi gajah sumatra sekaligus sebagai wisata ilmiah tentang gajah yang akan mendukung pariwisata di daerah Sumatra secara luas dan Danau Toba.

Anda bisa melihat dan berinteraksi dengan gajah-gajah di sini secara langsung lho. Mengusap halus kepala gajah sebagai salam pertemanan akan jadi pengalaman yang nggak akan terlupakan. Gajah, memang salah satu mamalia yang terkenal akan kecerdasannya dan daya ingatnya yang tajam.

Jadi, gajah nggak akan lupa deh dengan anda yang bersikap baik dan menyapanya di balai konservasi ini. Siapa tau ketika anda berkunjung untuk kedua kalinya, ia masih mengingatmu dengan baik. Uuuu, hewan yang manis. Jangan lupa abadikan momenmu bersama gajah-gajah di sini ya.

Harga: tiket masuk gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, 07.30-16.00 WIB

Alamat: Kec. Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara (Cek di Google Maps)

6. Bukit Indah Simarjarunjung

Setelah seru-seruan bareng gajah, destinasi wisata yang nggak boleh terlewatkan ketika berada di Pematangsiantar adalah Bukit Indah Simarjarunjung. Kalau anda sedang berada di sekitaran Danau Toba, bisa mampir nih ke bukit ini. 

View-nya akan membuat semua jatuh cinta deh. Anda bisa melihat keindahan Danau Toba dari ketinggian lho. Selain itu, bagi penyuka sunset dan sunrise bisa banget menikmati keindahan keduanya di tempat ini. Mantapkan!

 Selain pemandangan Danau Tobanya, anda juga bebas memilih spot-spot instagramable yang ada. Ada juga ayunan yang akan memacu adrenalinmu deh sobat tiket. Pasalnya ayunan ini berada di bibir bukit dengan pemandangan danau. 

Masih banyak wahana permainan yang bisa dicoba bareng keluarga. Mengendarai sepeda udara bareng pasangan sepertinya menarik ya. Oiya, di sini juga menyediakan penginapan rumah pohon yang bisa anda pesan untuk menginap semalam. Hm, sepertinya menarik.

Harga: tiket masuk Rp5.000/orang*

Baca Juga Info :   Garuda Indonesia Sediakan Vaksin Gratis untuk Penumpang

Jam & hari buka: setiap hari, 07.00-18.00 WIB

Alamat: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21163 (Cek di Google Maps)

7. Batu Gantung

Destinasi wisata Batu Gantung ini sangat terkenal di kalangan masyarakat sekitar dan juga wisatawan yang mengunjungi Danau Toba lho. Kisah legenda ini sudah turun temurun diceritakan dan jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Nah, kalau anda tertarik mengunjungi Batu Gantung ini, anda memerlukan kapal yang akan membawamu ke sana. Nggak butuh waktu lama kok, cukup 10 menit anda sudah sampai di tempat wisata yang terkenal itu. 

Bentuknya memang menggantung dan sekilas terlihat seperti manusia. Banyak wisatawan ingin berfoto dan mengabadikan momen ketika berada di Batu Gantung. Selain penasaran dengan legenda yang ada, pemandangan di sekitarnya memanglah sangat indah.

Biasanya, kapal ini juga akan membawamu ke Pulau Samosir yang juga jadi ikon wisata Danau Toba. Sekitar 5 menit perjalanan laut, anda akan melihat samar tulisan “Horas Samosir” yang jadi tanda telah sampai di pulau ikonik ini. Wah sekali dayung 2 hingga 3 destinasi dikunjungi ini namanya. Hahaha.

Harga: tiket masuk Rp5.000/orang*

Jam & hari buka: Senin-Sabtu, 09.30-17.30 WIB

Alamat: Lake Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21174 (Cek di Google Maps)

8. Kawah Putih

Kalau di daerah Jawa Barat tepatnya di Ciwidey ada Kawah Putih, nggak usah sedih di Sumatra juga ada kok. Kawah Putih di Sumatra ini sering disebut dengan nama Bukit Kapur Tinggi Raja Simalungun. Penasaran apa bedanya? Mampir aja buat melihatnya sendiri.

Kawah Putih ini berada di kawasan hutan lindung dengan batu kapur dan juga danau air panas. Danaunya yang berwarna biru kehijauan berasal dari bukit kecil di sekitar kawah. 

Keindahan alamnya yang memang patut diacungi jempol dua ini bahkan disandingkan dengan Pamukkale Hot Springs di Turki itu lho. Wah, lagi-lagi dibuat terpukau dengan keindahan yang ada di Indonesia ya. Nggak ada matinya!

Harga: tiket masuk Rp5.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21157 (Cek di Google Maps)

9. Rumah Bolon Raja Purba

Selain keindahan alamnya, Pulau Sumatra juga akan menarik untuk dikunjungi dengan keberagaman dan kekayaan budayanya lho. Maka dari itu, rasanya nggak akan lengkap kalau anda belum mengunjungi Rumah Bolon Raja Purba khas Sumatra.

Bentuknya yang unik dan khas akan jadi magnet bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk mampir ke wisata ini. Wajib banget deh mengabadikan setiap detail keindahan rumah adat ini dan berselfie ria.

Ketika berkunjung di sini, anda akan dipandu dengan petugas yang akan menceritakan bagaimana sejarah dan juga informasi penting lainnya seputar Rumah Bolon Raja Purba. 

Rumah adat ini sudah berumur ratusan tahun lho. Pantas saja jika lokasi wisata ini terpisah dengan pemukiman penduduk sekitar untuk menjaga keasrian dan keaslian suasananya. Terdapat juga taman di sekitar rumah adat yang menambah indah tempat ini. Mantap deh!

Harga: tiket masuk Rp1.500/orang*

Baca Juga Info :   8 Kuliner Khas Cirebon, Enaknya Bikin Pengen Balik Lagi dan Lagi!

Jam & hari buka: setiap hari, 10.00-16.00 WIB

Alamat: Pematang Purba, Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21165 (Cek di Google Maps)

10. Tanjung Unta

Tempat wisata terakhir yang akan dibahas selama liburan di Pematangsiantar ini adalah Tanjung Unta. Hm, iya benar seperti bayanganmu kok sobat tiket. Destinasi wisata ini diberi nama demikian karena terlihat seperti punuk unta..

Butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di tempat ini dari Kota Siantar. Tapi ketika sampai, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang bikin terpana. Rasanya semua lelah dan penat perjalanan akan terbayar tuntas dan masih diberi bonus rasa bahagia bisa melihat keindahan ini.

Spot ini memang jadi incaran para fotografer terkenal di Indonesia bahkan dunia lho. Pemandangan Danau Toba dengan bukit menyerupai punuk unta akan jadi alasan untuk dapat kembali ke sini. 

Harga: tiket masuk Rp5.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Jalan St. H.H. Damanik, Tambun Raya, Pamatang, Tigaras, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21186 (Cek di Google Maps)

Buat Liburan ke Sumatra Makin Mudah Bareng tiket.com

Wah, lengkap juga ya pembahasan destinasi wisata terbaik yang ada di Pematangsiantar. Buat semakin mudah lagi kuy, dengan pesan tiket pesawat ke Medan di tiket.com. Banyak banget promo yang bisa anda dapatkan lho.

Perjalanan ke Medan akan terasa mudah dan menyenangkan. Untuk anda yang akan menuju Pematangsiantar, bisa pilih penerbangan dari Jakarta menuju Bandar Udara Internasional Kualanamu. 

Dari bandara ini anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus atau damri rute Pematangsiantar dengan waktu tempuh 2 hingga 3 jam perjalanan darat. Nggak begitu lama bukan? Apalagi pemandangan selama perjalanan yang indah juga.

Pastikan kondisi tubuh sedang fit dan juga sudah melakukan vaksin COVID-19 ya, sobat tiket. Selama liburan patuhi juga protokol kesehatan yang berlaku serta hidup bersih. Poin utama dari liburan bareng tiket.com tentu aja aman dan nyaman bukan?

Bawa barang seperlunya serta kenakan masker di mana pun anda berada ya sobat tiket. Selamat berlibur dan berbahagia! Jangan lupa oleh-oleh senyumnya ya!

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.

Catatan : Situs ini bekerja sama dengan situs penyedia hotel online.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email